Kementerian Investasi/BKPM Gelar Webinar, Bahas Permasalahan Investasi di Indonesia

Kompas.com - 24/07/2023, 15:04 WIB
A P Sari

Penulis

Webinar bertajuk Peran Aktif Pemerintah dalam Menyelesaikan Permasalahan Investasi secara live di YouTube Kompas.com dan Kementerian Investasi/BKPM, Rabu (26/7/2023) pukul 10.00-12.00 WIB.DOK. Kementerian Investasi/BKPM Webinar bertajuk Peran Aktif Pemerintah dalam Menyelesaikan Permasalahan Investasi secara live di YouTube Kompas.com dan Kementerian Investasi/BKPM, Rabu (26/7/2023) pukul 10.00-12.00 WIB.

KOMPAS.com - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kompas.com menggelar web seminar ( webinar) bertajuk "Peran Aktif Pemerintah dalam Menyelesaikan Permasalahan Investasi", Rabu (26/7/2023).

Webinar ini mengundang empat nama besar, yakni Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Imam Soejoedi serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Anggawira.

Kemudian, Koordinator WKU I Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Yukki Nugrahawan serta Jaksa Agung Muda Pengawasan Ali Mukartono.

Acara tersebut dipandu oleh Anchor Kompas TV Paschalis Iswari dan disiarkan langsung melalui live YouTube Kompas.com dan Kementerian Investasi/BKPM pada pukul 10.00-12.00 waktu Indonesia barat (WIB).

Baca juga: Investasi Mobil buat Sewa, Ini yang Terjadi kalau Mobil Lecet

Calon peserta juga bisa mendaftar langsung untuk mengikuti webinar lewat Zoom Meeting dengan scan QR-code pada poster di atas atau mendaftar dengan klik link berikut.

Indonesia surga investasi dunia

Penyelenggaraan webinar ditujukan untuk membahas secara lengkap permasalahan serta seluk-beluk investasi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi incaran para investor dunia.

"Hampir semua negara berebut untuk berinvestasi di Indonesia," tutur Jokowi pada awal tahun ini.

Pernyataan Jokowi itu ternyata bukan hanya ucapan kosong belaka. Sebab, data dari Kementerian Investasi/BKPM menyebutkan, realisasi investasi pada Januari-Maret 2023 atau triwulan I-2023 mencapai Rp 328,9 triliun atau meningkat 16,5 persen dibandingkan pada periode sama tahun lalu.

Baca juga: Investasi Emas Kian Menjanjikan, Antam Perkuat Penjualan Domestik

Pembahasan webinar pun akan difokuskan pada bagaimana peluang dan potensi investor dalam negeri untuk menanamkan modalnya serta hambatan apa saja yang ditemui investor sehingga mereka ragu atau mengurungkan niatnya untuk berinvestasi.

Selain itu, akan ada juga pembahasan soal iklim investasi seperti apa yang cocok untuk menarik para investor, baik dari dalam maupun luar negeri, serta berbagai momok investasi yang saat ini masih terus terjadi.

Narasumber nantinya akan mendapatkan insight mengenai upaya atau kebijakan pemerintah untuk menggeliatkan perekonomian dalam negeri serta bagaimana dampak investasi yang masif bagi masyarakat.

Ada pula pandangan dari para pelaku usaha selaku pihak yang paling dekat dalam menanamkan modal mereka. Pihak ini juga bisa memberikan gambaran mengenai kebijakan kemudahan berusaha dan perizinan realisasi investasi.

Baca juga: 7 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu agar Tak Tertipu Saat Investasi

Terkini Lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke