Edukasi Gaya Hidup Sehat kepada Masyarakat, Kemenkes Gelar Ayo Sehat Festival di Bandung

Kompas.com - 11/09/2024, 20:28 WIB
Novyana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Poster Festival Ayo Sehat yang diadakan di Taman Gedung Sate, Bandung pada 9-15 September 2024. Dok.Kemenkes Poster Festival Ayo Sehat yang diadakan di Taman Gedung Sate, Bandung pada 9-15 September 2024.

KOMPAS.com – Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) bersama para mitra akan mengedukasi kesehatan kepada masyarakat dengan menggelar Ayo Sehat Festival di Taman Gedung Sate, Bandung mulai 9 September hingga 15 September 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi, aksesibilitas, serta pelayanan kesehatan secara mudah, gratis, dan efisien kepada masyarakat umum.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Rabu (11/9/2024), Kemenkes mengatakan bahwa acara tersebut merupakan upaya promotif dan preventif guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Tak hanya itu, festival tersebut juga menjadi wadah kolaborasi dari 83 mitra yang terlibat mulai dari non-government organization (NGO), komunitas, sektor swasta, hingga pemerintah daerah.

Baca juga: Wantannas dan Kemenkes Komitmen Bangun Kemandirian Bahan Baku Obat dan Vaksin

Tiga agenda utama

Ayo Sehat Festival memiliki tiga agenda utama dalam mengedukasi kesehatan kepada masyarakat. Pertama, mendorong program kemitraan antara Kemenkes dan mitra termasuk swasta dan organisasi.

Kedua, mendorong promosi gaya hidup sehat di Indonesia pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan Indonesia lebih sehat.

Ketiga, mendorong kolaborasi antarmitra Kemenkes untuk mendukung transformasi layanan primer di sektor kesehatan nasional.

Sementara itu, Festival Ayo Sehat akan terbagi menjadi dua acara, yakni opening pada 9-15 September 2024 dan main event pada 14-15 September 2024.

Baca juga: Daftar Patogen Prioritas Dipantau Kemenkes, Berpotensi Jadi Pandemi Baru

Acara opening ditandai dengan adanya Mini Museum yang memamerkan siklus kehidupan sebagai kick off event. Mini Museum bertujuan untuk mengedukasi publik terkait kesehatan masyarakat dalam setiap rangkaian siklus kehidupan.

Adapun main event diadakan untuk mendorong Kemenkes dan mitra dalam meningkatkan pengetahuan tentang gaya hidup sehat. Acara ini juga memberikan penghargaan kepada mitra yang telah berkontribusi secara signifikan di bidang kesehatan setiap tahunnya.

Sebagai tambahan informasi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berencana untuk membuka Festival Ayo Sehat pada Sabtu (14/9/2024).

Bagikan artikel ini melalui
Oke