Lelaki Tangguh pada Perayaan Imlek

Kompas.com - 01/02/2022, 15:41 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

Luchy Sandra, seorang anak nelayan musiman di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kini sukses menjadi Sales Engineer.
DOK. Humas Kementerian KP Luchy Sandra, seorang anak nelayan musiman di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kini sukses menjadi Sales Engineer.

KOMPAS.com - Perayaan Imlek identik dengan festival lampion, amplop angpau, barongsai, dan berkumpul bersama keluarga besar bagi yang merayakan.

Namun, perayaan Imlek tersebut tak sempat dirasakan oleh Luchy Sandra, anak nelayan musiman di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tepatnya pada Hari Imlek empat tahun yang lalu. Tak seperti biasanya, Luchy merayakan Imlek seorang diri tanpa keluarga inti, jauh dari kemeriahan di kampung halamannya di Bangka.

Pasalnya, kala itu ia masih menjadi taruna tingkat pertama di Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) Jakarta. Hal ini yang membuat Luchy harus merayakan Imlek pertama kali tanpa ayah, ibu, kakak, dan adiknya.

Baca juga: Daftar SNMPN 2022? Ini 7 Rumpun Prodi D3 Politeknik

Meski jauh dari keluarga, Luchy yang merupakan penganut Konghucu taat, pada hari itu meminta izin kepada pihak sekolah untuk bersembahyang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan mengunjungi bibinya di Bogor.

"Kalau di keluarga kami, biasanya satu hari sebelum Imlek akan sembahyang di kelenteng dan di rumah. Kami juga mengundang sanak saudara dan mulai berbenah cemilan serta makanan untuk menjamu tamu dan saudara-saudara hingga kerabat,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (1/2/2022).

Kemudian, lanjut dia, pada saat perayaan, ia bersama dua saudaranya akan mengucapkan selamat Imlek kepada orangtuanya. Begitu pula orangtua Luchy juga akan bergiliran memberikan angpau kepada dia dan dua saudaranya.

Selesai saling mengucapkan, saat siang hari, para kerabat Luchy akan berdatangan ke rumah.

Baca juga: Imlek di Tengah Pandemi, Warga Bagikan Angpau lewat Dompet Digital hingga QR Code di Grup Chat Keluarga

"Bagi angpau hanya akan diberikan pada anak-anak kecil atau yang belum bekerja dan belum menikah. Sebaliknya juga begitu, saat kerabat sudah bekerja atau sudah menikah maka wajib memberikan angpau pada anak-anak sebagai hadiah dan umpan agar tetap semangat setiap hari dan selalu menghormati orangtua,” ucapnya.

Lebih lanjut Luchy menjelaskan, Imlek di kampung halamannya sendiri dapat berlangsung selama tiga sampai lima hari. Saat hari kelima akan dilanjutkan dengan barongsai yang berkunjung ke rumah-rumah.

Kehadiran barongsai adalah untuk mendoakan agar tidak ada arwah atau roh jahat yang datang ke rumah. Saat mereka akan pulang, angpau yang tergantung di langit-langit teras rumah akan diambil dengan diiringi berbagai atraksi yang menakjubkan.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Barongsai yang Keluar Setiap Imlek

Tanggung jawab selesaikan pendidikan

Suasana memang berbeda jauh saat Luchy harus berada di Jakarta. Akan tetapi sebagai taruna ia dididik menjadi lelaki tangguh, mandiri, berkarakter baik, pantang menyerah, serta kuat fisik dan mental.

"Ya campur aduk. Sedih sudah pasti, ya cuma mau bagaimana lagi namanya juga menyelesaikan tanggung jawab. Jadi harus dijalani dan ambil hikmahnya saja," kenang Luchy.

Daripada harus "cengeng", dengan berbagai keadaannya saat itu, ia lebih memilih untuk bersyukur dengan apa yang telah diraihnya.

Luchy menceritakan, selepas lulus dari Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Toboali, ia berencana untuk mencari kerja.

Baca juga: IIMS 2022, Panen Sinyal Positif dari Stakeholders Industri Otomotif

Namun, saat itu dia masih tidak memiliki banyak pengalaman kerja. Pilihan kuliah pun datang, tetapi Luchy sadar bahwa biayanya tidak sedikit. Dia teringat akan profesi ayahnya sebagai nelayan musiman.

Nelayan musiman hanya ikut melaut saat musim ikan tertentu atau saat pemilik kapal mengajaknya melaut. Jika tidak melaut, ayah Luchy akan bekerja menjadi buruh harian, dengan penghasilan yang tak menentu. Sementara itu, sang ibu fokus mengurus rumah tangga.

Dari kerumitan masalah tersebut, beruntung salah satu alumni SMK yang berkuliah di Politeknik AUP menyampaikan informasi tentang satuan pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kementerian KP) tersebut.

Untuk diketahui, Politeknik AUP memiliki program kuota khusus bagi anak nelayan, dengan biaya gratis. Peserta didiknya pun dari berbagai daerah, latar belakang, suku, etnis, dan agama.

Baca juga: Undip Tawarkan Beasiswa bagi Anak Nelayan yang Ingin Kuliah

Mendengar informasi tersebut, akhirnya Luchy memutuskan untuk mendaftar. Setelah mengikuti seleksi fisik dan wawancara, ia bersyukur diterima sebagai taruna Program Studi Permesinan Perikanan.

Selain diterima, Luchy juga tidak perlu menanggung biaya pendidikan, perlengkapan, makan, penginapan, dan berbagai fasilitas, dari sejak mendaftar hingga lulus.

Selama mengikuti pendidikan hingga padatnya jadwal kampus, Luchy tak pernah lupa dengan urusan rohani. Saat libur ia menyempatkan pergi ke klenteng di daerah Sunter, Jakarta Utara (Jakut).

Selain beribadah, Luchy juga memperdalam ilmu agama di sana. Bahkan, ia mendapat bimbingan langsung dari Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) untuk Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Js Liem Liliany Lontoh.

Baca juga: Sambut Imlek, Umat Khonghucu di Banyumas Gelar Jamasan Patung Dewa dan Keris

Tak terasa waktu berlalu hingga ia harus berhadapan dengan tugas penelitian akhir. Luchy pun memutuskan kembali ke Bangka, tepatnya di Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat Bangka.

Kepulangannya tersebut bukan tanpa alasan. Ia ingin melakukan penelitian terkait analisa kerusakan dan perbaikan poros baling-baling pada kapal nelayan di Bangka.

Setelah merampungkan penelitian, Luchy kemudian lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,46 pada 2021. Ia diwisuda oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KP) Sakti Wahyu Trenggono secara daring.

Baca juga: Menteri KP Berhasil Raih Top Leader on Digital Implementation 2021

Berbekal keahlian overhaul mesin, welder, analisa kerusakan, perbaikan, dan fabrikasi permesinan serta sertifikat Basic Safety Training dan Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan Tingkat I dari Politeknik AUP, Luchy kembali meninggalkan keluarga dan berangkat ke Batam, Kepulauan Riau.

Ia mendapat pekerjaan sebagai Technical Marine Oil sebuah perusahaan distributor resmi pelumas merk ternama dari Amerika Serikat.

Kemudian Luchy dipindahtugaskan ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), dengan jabatan Sales Engineer hingga kini, yang fokus menangani berbagai jenis kapal.

Baca juga: Perbedaan Data Engineer dan Data Scientist

Tak lepas dari peran Kementerian KP

Luchy merupakan salah satu contoh dari ribuan anak nelayan dan anak pelaku utama kelautan dan perikanan di daerah terpencil, pesisir, dan pulau-pulau terluar dari Sabang sampai Merauke yang terselamatkan pendidikannya.

Keberhasilannya sendiri tak lepas dari peran Kementerian KP melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM).

Dalam hal tersebut, BRSDM memberikan kuota khusus bagi para anak nelayan untuk menempuh pendidikan di satuan-satuan pendidikan lingkup Kementerian KP, yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Para anak nelayan yang sedari kecil sudah akrab dengan dunia kelautan dan perikanan dari pekerjaan orangtuanya, seringkali menemui kesulitan biaya untuk melanjutkan pendidikan.

Baca juga: Asa Si Anak Nelayan di Atas Perahu Ketinting

Tak hanya itu, mereka juga seringkali kalah bersaing dengan anak-anak perkotaan pada seleksi masuk ke satuan pendidikan.

Oleh karena itu, Kementerian KP memberikan kuota khusus dengan biaya ditanggung negara, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada para anak nelayan.

Menteri KP Trenggono mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan akses dan alokasi pendidikan bagi anak nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, serta petambak garam.

"Saat ini minimal sebanyak 50 persen dari total jumlah peserta didik merupakan anak pelaku usaha kelautan dan perikanan. Jumlah ini akan terus ditingkatkan dengan memperhatikan keterwakilan asal peserta didik dari tiap kabupaten atau kota dan provinsi," ujarnya saat mewisuda lulusan satuan pendidikan tinggi Kementerian KP pada 2021.

Baca juga: Bersama Pemkab Tanah Bumbu, Kementerian KP Wujudkan Kampung Gabus Haruan

Peningkatan target peserta didik pada 2022

Pada kesempatan terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BRSDM Kusdiantoro mengatakan, jumlah anak-anak pelaku utama kelautan dan perikanan di satuan pendidikan Kementerian KP pada 2021 mencapai 55,2 persen dari total keseluruhan peserta didik aktif sebanyak 8.426 orang.

“Jumlah total peserta didik tersebut pada 2022 akan ditingkatkan lagi menjadi sekitar 8.535 orang,” ujarnya pada Konferensi Pers Catatan Akhir Tahun Capaian Kinerja 2021 dan Proyeksi 2022 BRSDM, Selasa (14/12/2021).

Kusdiantoro menyampaikan, satuan pendidikan Kementerian KP terdiri 11 satuan pendidikan tinggi dan sembilan satuan pendidikan menengah.

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia, Kementerian KP Usung Kesehatan Laut dan Perikanan Berkelanjutan

Satuan pendidikan tinggi tersebut terdiri dari satu Politeknik AUP (kampus Jakarta, Bogor, dan Serang). Sementara itu, sembilan Politeknik Kelautan dan Perikanan (Politeknik KP) berada di Dumai, Karawang, Pangandaran, Sidoarjo, Jembrana, Bone, Bitung, Kupang, dan Sorong; serta satu Akademi Komunitas di Wakatobi.

Adapun satuan pendidikan menengah terdiri dari sembilan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) di Ladong, Pariaman, Kota Agung, Tegal, Pontianak, Bone, Kupang, Waiheru, dan Sorong.

“Saat ini tengah diproses peningkatan beberapa SUPM menjadi Politeknik KP, antara lain di Aceh, Pariaman, Lampung, dan Maluku,” ujar Adi.

Baca juga: Siapkan SDM Unggul, Kementerian KP Lantik Taruna Politeknik KP Dumai

Gunakan pendekatan TEFA

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan BRSDM Bambang Suprakto mengatakan, pendidikan di lingkungan Kementerian KP menerapkan sistem pendidikan vokasi di bidang kelautan dan perikanan.

Penerapan sistem pendidikan tersebut bertujuan untuk mencetak lulusan unggul dan berjiwa wirausaha. Dengan begitu, para lulusan akan siap bekerja dan dapat diterima dengan mudah di dunia usaha serta industri, atau berwirausaha.

“Pendidikan tersebut menggunakan pendekatan Teaching Factory (TEFA), yang memasukkan dunia usaha dan dunia industri ke dalam kampus, dengan persentase teori 30 persen dan praktik 70 persen,” ucap Bambang.

Baca juga: Seminar PPPI Sudan: Berharap Majukan Sistem Pendidikan Lebih Baik

Sistem pendidikan itu, lanjut dia, menitikberatkan pada pembinaan karakter peserta didik, peningkatan kompetensi melalui praktik di sarana TEFA yang dimiliki masing-masing satuan pendidikan.

Kemudian menitikberatkan praktik dan magang di industri dan dunia usaha, serta pembelajaran kewirausahaan yang terintegrasi dengan kurikulum dan sertifikasi kompetensi.

“Para lulusan tak hanya memperoleh ijazah, tapi juga sertifikat keahlian dan kompetensi berstandar nasional dan internasional yang diakui oleh dunia usaha dan dunia industri, sesuai dengan bidangnya masing-masing,” imbuh Bambang.

Terkini Lainnya
11 Pendidikan Tinggi Vokasi Kementerian KP Buka Pendaftaran Taruna/Taruni Baru 2024
11 Pendidikan Tinggi Vokasi Kementerian KP Buka Pendaftaran Taruna/Taruni Baru 2024
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian KP Tekankan Pentingnya Sertifikasi AKP untuk Tingkatkan Kesejahteraan Personel Kapal
Kementerian KP Tekankan Pentingnya Sertifikasi AKP untuk Tingkatkan Kesejahteraan Personel Kapal
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Akselerasi Kerja Sama Lobster dengan Vietnam, Menteri KP: Kualitas dan Harga Untungkan Dua Negara
Akselerasi Kerja Sama Lobster dengan Vietnam, Menteri KP: Kualitas dan Harga Untungkan Dua Negara
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Lokasi Pembersihan Hasil Sedimentasi di Laut Diumumkan, Pelaku Usaha Bisa Memanfaatkannya
Lokasi Pembersihan Hasil Sedimentasi di Laut Diumumkan, Pelaku Usaha Bisa Memanfaatkannya
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Bantu Korban Bencana di Sumbar, Kementerian KP Kirim Bantuan Produk Perikanan
Bantu Korban Bencana di Sumbar, Kementerian KP Kirim Bantuan Produk Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Politeknik KP Pariaman Bantu Korban Bencana di Pesisir Selatan, Sumbar
Politeknik KP Pariaman Bantu Korban Bencana di Pesisir Selatan, Sumbar
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Perjuangkan Hak Nelayan Kecil, Kementerian KP Suarakan Isu Subsidi Perikanan di WTO
Perjuangkan Hak Nelayan Kecil, Kementerian KP Suarakan Isu Subsidi Perikanan di WTO
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Lewat Aplikasi e-Latar, Kementerian KP Berupaya Tingkatkan Mutu Pembelajaran Satdik KP
Lewat Aplikasi e-Latar, Kementerian KP Berupaya Tingkatkan Mutu Pembelajaran Satdik KP
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Pentaru 2024/2025 Dibuka, Beasiswa Pendidikan Gratis Diberikan bagi Peserta Didik Anak Pelaku Utama KP
Pentaru 2024/2025 Dibuka, Beasiswa Pendidikan Gratis Diberikan bagi Peserta Didik Anak Pelaku Utama KP
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Menteri Trenggono Sebut SDM Berkualitas Jadi Kunci Majukan Sektor Kelautan dan Perikanan
Menteri Trenggono Sebut SDM Berkualitas Jadi Kunci Majukan Sektor Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian KP Siap Penuhi Permintaan Penempatan Awak Kapal Perikanan dari Indonesia di Kapal Spanyol
Kementerian KP Siap Penuhi Permintaan Penempatan Awak Kapal Perikanan dari Indonesia di Kapal Spanyol
Kementerian Kelautan dan Perikanan
RI-Spanyol Sepakat Tingkatkan Jaminan Perlindungan Awak Kapal Ikan Asal Indonesia
RI-Spanyol Sepakat Tingkatkan Jaminan Perlindungan Awak Kapal Ikan Asal Indonesia
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Berkat Pemanfaatan Aset SFV UPT, Kementerian KP Raih PNBP Rp 32,05 Miliar
Berkat Pemanfaatan Aset SFV UPT, Kementerian KP Raih PNBP Rp 32,05 Miliar
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian KP, FAO, dan Pemprov Jateng Lepasliarkan 20 Kg Sidat Hasil Proyek IFish
Kementerian KP, FAO, dan Pemprov Jateng Lepasliarkan 20 Kg Sidat Hasil Proyek IFish
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Program Ekonomi Biru Kementerian KP Dikupas dalam Bali Ocean Days 2024
Program Ekonomi Biru Kementerian KP Dikupas dalam Bali Ocean Days 2024
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Bagikan artikel ini melalui
Oke