Peringati Hari Nusantara, Kementerian KP Gelar Pekan Webinar Hari Nusantara 2021

Alifia Nuralita Rezqiana
Kompas.com - Rabu, 15 Desember 2021
Menteri Kelautan dan Perikanan Saktu Wahyu Trenggono DOK. Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan Menteri Kelautan dan Perikanan Saktu Wahyu Trenggono

KOMPAS.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) menggelar Pekan Web Seminar ( Webinar) Hari Nusantara 2021 untuk memperingati Hari Nusantara yang diperingati setiap tahun pada 13 Desember.

Acara tersebut dibuka oleh Menteri KP Saktu Wahyu Trenggono pada Rabu (15/12/2021).

Seperti diketahui, 64 tahun silam, yaitu pada 13 Desember 1957, Perdana Menteri Indonesia saat itu Djuanda Kartawidjaja mendeklarasikan batas laut Indonesia.

Deklarasi tersebut mempersatukan kembali wilayah dan lautan Indonesia menjadi kesatuan utuh yang berdaulat, hingga membawa Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 70 persen dari total wilayah negara.

Menteri Trenggono mengatakan, potensi laut yang besar di Tanah Air telah memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya.

Baca juga: Sukseskan Program Terobosan, Kementerian KP Siapkan Riset dan SDM Unggul

“Pemerintah khususnya Kementerian KP menyeimbangkan antara aktivitas ekologi dan kegiatan ekonomi untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia, sekaligus menjaga ekosistem perairan tetap sehat, produktif, dan lestari, melalui sustainable blue economy di seluruh wilayah pantai yang kita miliki,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Menteri Trenggono memaparkan, pelaksanaan pembangunan sektor kelautan dan perikanan dilakukan dengan menjalankan tiga program terobosan Kementerian KP.

Terobosan pertama adalah penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap wilayah pengelolaan perikanan untuk keberlanjutan ekologi.

Kedua, pengembangan budidaya berbasis pada ekspor dengan komoditas unggulan terdiri dari udang, lobster, kepiting dan rumput laut.

Ketiga, pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal untuk menjaga kepunahan komoditas yang bernilai ekonomis tinggi dan mengentaskan kemiskinan.

Baca juga: Kementerian KP Paparkan Konsep Ekonomi Biru di Dubai Expo 2020

Menteri Trenggono berharap, ketiga program terobosan tersebut mampu meningkatkan produksi perikanan tangkap dan budidaya untuk memperkuat perekonomian bidang kelautan dan perikanan.

“Karenanya saya sangat mengapresiasi kegiatan Pekan Webinar Hari Nusantara yang diinisiasi oleh Badan Riset dan Sumber Daya Manusia ( BRSDM) Kementerian KP sebagai platform penyampaian program kegiatan riset serta pengembangan SDM kepada masyarakat,” ujarnya.

Pekan Webinar Hari Nusantara 2021

Kementerian Kelautan dan Perikanan adakan Pekan Web Seminar (Webinar) Hari Nusantara 2021 pada 14.22 Desember 2021.DOK. Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan adakan Pekan Web Seminar (Webinar) Hari Nusantara 2021 pada 14.22 Desember 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BRSDM Kementerian KP Kusdiantoro melaporkan, acara Pekan Webinar Hari Nusantara akan berlangsung pada 14-22 Desember 2021.

Sejumlah 31 webinar akan diselenggarakan oleh 22 satuan kerja di lingkup BRSDM Kementerian KP.

Semua webinar terbuka untuk umum dan pihak BRSDM menargetkan sejumlah 11.000 peserta dapat berpartisipasi dalam rangkaian webinar tersebut.

Baca juga: KKP Optimistis Target Produksi Perikanan Tangkap Melebihi 8 Juta Ton Tahun Ini

Berikut rincian webinar yang akan diadakan dalam Pekan Webinar Hari Nusantara 2021 lengkap dengan informasi penyelenggara dan tanggal pelaksanaannya.

1. Webinar dari Akademi Komunitas Wakatobi dan Destructive Fishing Watch, berjudul “Marine Debris: Challenges, Responses, Innovations, Solutions and Opportunities” (14 Desember 2021).

2. Webinar dari Politeknik KP Sorong, berjudul “Perairan Aru: Lumbung Istimewa Perikanan Tangkap Indonesia” (14 Desember 2021).

3. Webinar Series "Jayalah Kelautan dan Perikanan” dari Politeknik KP Karawang, yaitu Seri Perikanan Tangkap (14 Desember 2021), Seri Pengolahan Produk Perikanan (16 Desember 2021), Seri Teknik Kelautan (20 Desember 2021), Seri Budidaya Perikanan pada tanggal (21 Desember 2021), dan Seri Kiat Sukses Merintis Usaha Bidang Kelautan dan Perikanan (22 Desember 2021).

4. Webinar dari Pusat Riset Perikanan, berjudul “Prospek Bisnis Dan Pengelolaan Sumber Daya Teripang Berkelanjutan” (15 Desember 2021).

5. Webinar dari Politeknik KP Aceh, berjudul “Semangat Enterpreneur Perikananan Milenial Dalam Pandemi Covid 19” (15 Desember 2021).

6. Webinar dari Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, berjudul “Indikator Sosial Ekonomi dalam Pengelolaan Perikanan Tuna dan Negosiasi Kuota Tuna di RFMO” (15 Desember 2021).

7. Webinar dari Balai Diklat Aaparatur Sukamandi, berjudul “Strategi Implementasi Corporate University (Corpu) ASN KP” (16 Desember 2021).

8. Webinar dari Politeknik KP Bitung, berjudul “Desiminasi Hasil Penelitian Politeknik KP Bitung Tahun 2021” (15 Desember 2021).

9. Webinar dari Politeknik Ahli Usaha Perikanan, yaitu “Peran alumni pasca sarjana Politeknik AUP dalam Inovasi Teknologi Perikanan dan Kelautan” (16 Desember 2021), “Peran Masyarakat Mendorong ‘Generasi Pilah Plastik’” (18 Desember 2021), dan “Bela Negara Bela Nusantara” (19 Desember 2021).

10. Webinar dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, berjudul “Menuju Industrialisasi Produk Biofarmasi Laut” (16 Desember 2021).

11. Webinar dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Medan, berjudul “Peran Penyuluh Perikanan dalam Fasilitasi Badan Hukum kelompok Bagi Pelaku Usaha Perikanan” (16 Desember 2021).

12. Webinar dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi, yang digelar pada 16 Desember 2021, yaitu “Peran Penyuluh Perikanan dalam Fasilitasi Perijinan Berusaha Berbasis Resiko Bagi Pelaku Usaha Perikanan” dan “Kemasan Produk Olahan Perikanan di Era Digital”.

13. Webinar dari Politeknik KP Kupang, berjudul “Potensi dan Terobosan Bisnis di Industri Perikanan Secara Digital” (16 Desember 2021).

14. Webinar dari Politeknik KP Maluku, berjudul “Menarik Minat Investasi Perikanan pada Pulau Pulau Kecil di Provinsi Maluku” (17 Desember 2021).

15. Webinar dari Balai Besar Riset Budidaya Laut Penyuluhan Perikanan Gondol, yaitu “Peran Penyuluh Perikanan dalam Membina Kelompok Pengolah dan Pemasar, Menuju Kemandirian Usaha dan Diversisikasi Produk Olahan Rumput Laut” (17 Desember 2021) dan “Polikultur Padi dan Kakap Putih Salin Satu Ibu (Patih Salibu)” (21 Desember 2021).

16. Webinar dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal yang digelar pada 20 Desember 2021, yaitu “Succsess Story Membentuk Kampung Perikanan Melalui Kegatan Percontohan Penyuluhan Kampung Mina Wisata Samberembe” dan “Succsess Story Membentuk Kampung Perikanan Melalui Kegatan Percontohan Penyuluhan Kampung Garam di Kebumen”.

17. Webinar dari Politeknik KP Jembrana, yang akan digelar pada 20 dan 21 Desember 2021, berjudul “Peranan Politeknik KP Jembrana dalam Menyukseskan Program Prioritas KKP Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Bali”.

18. Webinar dari Politeknik KP Dumai, berjudul “Potensi Perikanan dan Kelautan di Wilayah Pulau-Pulau Kecil WPP 571" (21 Desember 2021).

19. Webinar dari Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan Palembang, berjudul “Temu Teknis Penyuluhan, Sukses Budidaya Vaname Air Tawar Salinitas Nol dan Potensi Pengembangannya” (21 Desember 2021).

20. Webinar dari Politeknik KP Pangandaran berjudul “Kembali Ke Desa Membangun Desa Inovasi Dengan Integrated Aquaculture System (IAS)” (21 Desember 2021).

21. Webinar dari Loka Riset dan Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir (LRSDKP), yaitu “Webinar Hasil Riset Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir 2021 untuk Kelautan Perikanan Indonesia yang Lestari dan Berjaya: Dari Kerentanan Pesisir untuk Perikanan Budidaya, Arkeologi Maritim untuk Pengelolaan Wisata Bahari, Kesehatan Laut, Dinamika Pesisir dan Perlindungan Kawasan Pelabuhan hingga Teknologi Garam” (21 Desember 2021).

22. Terakhir, webinar dari Pusat Riset Kelautan berjudul “Smart Integrated Aquaculture Technology for Offshore Mariculture” (22 Desember 2021).

Kusdiantoro berharap, rangkaian webinar tersebut dapat memberikan edukasi serta memperluas wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang potensi kelautan dan perikanan Indonesia.

PenulisAlifia Nuralita Rezqiana
EditorMikhael Gewati
Terkini Lainnya
Begini Cara Kementerian KP Kembangkan SDM Kelautan dan Perikanan
Begini Cara Kementerian KP Kembangkan SDM Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Aksi Cepat Tanggap Menteri Trenggono Bantu Korban Bencana Kapal di Cilacap
Aksi Cepat Tanggap Menteri Trenggono Bantu Korban Bencana Kapal di Cilacap
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian KP Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru
Kementerian KP Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Dirjen PDSPKP: Strategi Menteri Trenggono Tingkatkan Kinerja Sektor Kelautan dan Perikanan
Dirjen PDSPKP: Strategi Menteri Trenggono Tingkatkan Kinerja Sektor Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian KP Tingkatkan Kapasitas SDM lewat Kewirausahaan dan Inovasi Pendidikan
Kementerian KP Tingkatkan Kapasitas SDM lewat Kewirausahaan dan Inovasi Pendidikan
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Lewat Penguatan Pendidikan Vokasi di SUPM Tegal, Kementerian KP Berupaya Tingkatkan Kemampuan SDM
Lewat Penguatan Pendidikan Vokasi di SUPM Tegal, Kementerian KP Berupaya Tingkatkan Kemampuan SDM
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Wujudkan Kampung Perikanan Budi Daya, Kementerian KP Gencar Berikan Pelatihan untuk Masyarakat
Wujudkan Kampung Perikanan Budi Daya, Kementerian KP Gencar Berikan Pelatihan untuk Masyarakat
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Cetak SDM Unggul, Kementerian KP Melalui BLU BPPP Tegal Tingkatkan Pelayanan
Cetak SDM Unggul, Kementerian KP Melalui BLU BPPP Tegal Tingkatkan Pelayanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian KP Apresiasi SUPM Kota Agung yang Tingkatkan Pendapatan Negara
Kementerian KP Apresiasi SUPM Kota Agung yang Tingkatkan Pendapatan Negara
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Wujudkan Kampung Nelayan Maju, Kementerian KP Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Ikan
Wujudkan Kampung Nelayan Maju, Kementerian KP Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Ikan
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Penangkapan Ikan Terukur Mendapat Dukungan dari Akademisi IPB
Penangkapan Ikan Terukur Mendapat Dukungan dari Akademisi IPB
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Evaluasi SAKIP Kementerian KP 2022, BRSDM Raih Predikat A
Evaluasi SAKIP Kementerian KP 2022, BRSDM Raih Predikat A
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kepmen KP Baru Terbit, Data Estimasi Potensi Ikan Capai 12,01 Juta Ton Per Tahun
Kepmen KP Baru Terbit, Data Estimasi Potensi Ikan Capai 12,01 Juta Ton Per Tahun
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian KP Terima Sertifikat Tanah Politeknik AUP dari BPN
Kementerian KP Terima Sertifikat Tanah Politeknik AUP dari BPN
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Langkah Kementerian KP Selamatkan Nelayan dari Kecelakaan Kapal Ikan
Langkah Kementerian KP Selamatkan Nelayan dari Kecelakaan Kapal Ikan
Kementerian Kelautan dan Perikanan