Jelang Pencoblosan, Kemenkominfo Imbau Masyarakat Waspadai Kampanye Hitam

Kompas.com - 09/02/2024, 17:00 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

Warga melihat aplikasi pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa (28/11/2023). Aplikasi hasil kolaborasi Kominfo, Bawaslu, dan Polri tersebut untuk mengawasi berbagai kegiatan pemilu, yaitu mencegah serta menyaring berita bohong (hoaks), ujaran kebencian, serta berbagai kecurangan pada saat pelaksanaan pemilu dan masyarakat juga dapat melaporkan melalui aplikasi ini jika ada hal-hal yang dinilai mengganggu jalannya Pemilu 2024. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww Warga melihat aplikasi pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa (28/11/2023). Aplikasi hasil kolaborasi Kominfo, Bawaslu, dan Polri tersebut untuk mengawasi berbagai kegiatan pemilu, yaitu mencegah serta menyaring berita bohong (hoaks), ujaran kebencian, serta berbagai kecurangan pada saat pelaksanaan pemilu dan masyarakat juga dapat melaporkan melalui aplikasi ini jika ada hal-hal yang dinilai mengganggu jalannya Pemilu 2024.

KOMPAS.com - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria menyerukan kepada masyarakat agar tetap cerdas dan bijak dalam menerima serta menyebarkan informasi, terutama menjelang momen Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Imbauan tersebut disampaikan karena pola kampanye hitam mengalami peningkatan yang juga memanfaatkan media teknologi informasi terkini.

Salah satu bentuknya adalah penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI), yang dapat menghasilkan konten palsu yang sulit dibedakan jika hanya dilihat sekali.

Nezar mencontohkan hal ini dengan deepfake, sebuah teknik manipulasi gambar atau video yang dapat mengubah wajah, suara, atau gerakan seseorang.

“Itu menjadi hal baru dalam (penyebaran) hoaks tahun ini. Ini bukan hanya (terjadi) di Indonesia, sejak generative AI muncul, (teknik ini) sudah digunakan di beberapa negara, tidak hanya (dalam konteks) pemilu, tetapi juga untuk menyebarkan misinformasi dalam (bidang) kesehatan dan ilmu pengetahuan,” tutur Nezar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/2/2024).

Baca juga: 6 Hakikat Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan

Pernyataan tersebut disampaikan Nezar saat menghadiri Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Dewasa Berdemokrasi pada Pemilu 2024” beberapa waktu lalu.

Ia juga mengungkapkan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengambil langkah-langkah antisipatif sejak enam bulan sebelum pemilu dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk media utama di berbagai platform.

Selain itu, Nezar menyebut bahwa Kemenkominfo bekerja sama dengan platform media sosial yang sering menjadi tempat penyebaran disinformasi dan misinformasi.

“Kami berkolaborasi dengan platform media sosial (medsos), seperti Google, Meta, TikTok, X, dan lain-lain. Kami memiliki komitmen yang kuat untuk menciptakan ruang digital yang sehat guna menyukseskan Pemilu 2024,” jelasnya.

Baca juga: UGM Sediakan 9 TPS Khusus buat Mahasiswa pada Pemilu 2024

Sejak 1 Juli 2023 hingga 24 Januari 2024, Kemenkominfo telah mengidentifikasi 195 isu hoaks di 2.885 konten. Dari jumlah ini, 1.545 konten telah ditindaklanjuti, sementara sisanya masih dalam proses.

Nezar menegaskan bahwa pemilu adalah sebuah acara besar yang tidak hanya menjadi perhatian masyarakat lokal tetapi juga internasional.

Oleh karena itu, Kemenkominfo berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan ekosistem media untuk mengatasi kekacauan informasi dan menanggulangi potensi polarisasi.

"Selain itu, dibutuhkan juga keterlibatan organisasi masyarakat dan tim pemenangan untuk mencapai kesatuan pandangan dan kesamaan sikap. Kita harus menciptakan pemilu ini damai (sebagai) sarana integrasi bangsa," ucap Nezar.

Baca juga: Tren dan Tantangan Integrasi AI pada Sektor Migas

Politik identitas jauh menurun

Sebelumnya, Nezar menyatakan bahwa dominasi politik identitas yang terlihat pada dua pemilu sebelumnya telah menurun signifikan pada 2024.

Ia optimistis bahwa pesta demokrasi kali ini akan jauh lebih damai dibandingkan periode pemilu sebelumnya.

Keyakinannya didasarkan pada penurunan jumlah isu disinformasi, misinformasi, dan malinformasi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Pemilu 2019 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

“Hal ini dapat dirasakan di medsos, instant messenger, dan grup WhatsApp. Semoga (tren) ini dapat dipertahankan dan ditekan hingga pemilu berakhir dan penetapan presiden dan wakil presiden (wapres),” ujarnya.

Baca juga: Akademisi Ramai-ramai Kritik Jokowi, Wapres: Pemerintah Harus Perhatikan dan Ambil Langkah

Seperti diketahui, pesta demokrasi Pemilu serentak 2024 semakin mendekati puncaknya.

Pada 14 Februari mendatang, seluruh rakyat akan memilih pemimpin baru mereka di dalam bilik suara. Pemilu ini diharapkan dapat berlangsung secara demokratis, jujur, adil, dan tentunya damai.

Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, penyelenggara, peserta, media, hingga masyarakat umum.

Nezar menegaskan bahwa penyebaran disinformasi, misinformasi, dan malinformasi akan menjadi tantangan besar dalam menciptakan #PemiluDamai2024.

Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan kekacauan, kebingungan, dan konflik di tengah masyarakat, terutama selama periode masa tenang dari tanggal 11-13 Februari 2024.

Baca juga: Lembaga Keuangan Didorong Perbesar Akses Masyarakat Memperoleh Kredit

Kepercayaan publik pada media meningkat

Keterlibatan seluruh komponen bangsa menjadi kunci utama dalam mewujudkan #PemiluDamai 2024.

Salah satu faktor penting adalah peran media yang harus lebih mengedepankan edukasi politik melalui penyampaian informasi yang seimbang dalam pemberitaannya.

Dikutip dari Indonesia.go.id, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menaruh harapan yang tinggi terkait peran media ini.

Harapan tersebut didasarkan pada hasil penelitian dan survei Dewan Pers yang menunjukkan peningkatan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media, terutama media mainstream, menjelang hari pencoblosan.

Baca juga: Prabowo Kampanye di Sidoarjo, TKN: Penting Yakinkan Pemilih Jatim H-5 Pencoblosan

Hasil survei menunjukkan bahwa rata-rata kepercayaan masyarakat terhadap media, khususnya televisi, mencapai 39 persen.

”Sekarang ada kondisi lebih kondusif, kepercayaan terhadap media mainstream lebih tinggi. Mereka (masyarakat) kembali ke sana. Masyarakat akhirnya memilih untuk melihat kebenaran informasi di media mainstream,” kata Ninik.

Ia berharap media-media tersebut memberikan peran aktifnya dalam meningkatkan partisipasi publik dalam pemilu, memberikan edukasi kepada calon anggota legislatif, serta imbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan cerdas menyikapi berita-berita palsu yang beredar yang bertujuan untuk memecah belah bangsa.

Ninik juga menyoroti kondisi yang berbeda dengan berita yang disebarkan melalui medsos.

Baca juga: Siswi SMP di Serang Banten Dicabuli 2 Pria yang Dikenalnya dari Medsos

Masyarakat dianggap telah jenuh dengan medsos yang seringkali menyajikan informasi yang tidak terverifikasi dan cenderung menimbulkan hoaks dan disinformasi.

Tips menghindari hoaks

Meskipun begitu, berita yang beredar di platform medsos tetap harus diwaspadai. Masyarakat harus terus meningkatkan pemahaman dan rasa bijak dalam menggunakan medsos agar tidak mudah terpengaruh dan tanpa sadar menjadi penyebar informasi yang tidak benar.

Berikut adalah beberapa tips dari Kemenkominfo agar tidak terjebak oleh berita hoaks.

Pertama, pahami judul-judul yang provokatif dan tendensius. Biasanya, judul ini menggunakan huruf kapital dan tanda seru, serta langsung menuduh dan menimbulkan kebencian terhadap pihak tertentu.

Baca juga: [HOAKS] Hasil Hitung Suara Sebelum 14 Februari di Taiwan dan Malaysia, Prabowo-Gibran Unggul

Isinya bisa diambil dari berita media resmi, tetapi dimanipulasi untuk menciptakan persepsi yang diinginkan oleh pembuat hoaks. Oleh karena itu, waspadalah terhadap pesan-pesan forward yang mencurigakan.

Langkah terbaik adalah mencari referensi berupa berita serupa dari situs berita resmi, lalu membandingkan isinya. Dengan cara ini, masyarakat dapat memperoleh kesimpulan yang lebih seimbang. Jika terbukti sebagai hoaks, segera hapus atau laporkan konten tersebut ke situs https://aduankonten.id/.

Kedua, perhatikan alamat situsnya. Informasi yang tidak resmi biasanya tidak memiliki informasi di media resmi dan hanya tersebar di aplikasi pesan instan.

Baca juga: Threads Instagram, Dulu Aplikasi Pesan Instan Sekarang Jadi Mirip Twitter

Jika ada, biasanya berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi. Situs semacam ini mungkin menggunakan domain blog. Untuk memastikan keabsahan sebuah situs berita, Anda bisa mengeceknya di https://dewanpers.or.id/data/perusahaanpers.

Ketiga, periksa fakta. Informasi hoaks sering kali mencatut nama tokoh dan lembaga terkenal.

Oleh karena itu, perhatikan sumber berita. Berita yang mencurigakan biasanya hanya mencantumkan nama tokoh dan lembaga terkenal tanpa menyertakan fakta yang jelas.

Keempat, waspadai penggunaan foto atau video palsu. Teknologi saat ini memungkinkan manipulasi gambar dan video sehingga terlihat nyata.

Terkini Lainnya
Gelar Forum Diskusi Literasi Demokrasi, Kemenkominfo Paparkan 3 Pilar Penting Bentuk Masa Depan Bangsa
Gelar Forum Diskusi Literasi Demokrasi, Kemenkominfo Paparkan 3 Pilar Penting Bentuk Masa Depan Bangsa
Kemenkominfo
Soal Kebebasan Berpendapat di Dunia Digital, Kemenkominfo Minta Masyarakat Bersikap Bijak
Soal Kebebasan Berpendapat di Dunia Digital, Kemenkominfo Minta Masyarakat Bersikap Bijak
Kemenkominfo
Gelar Forum “Kecerdasan Buatan vs Kekayaan Intelektual”, Kemenkominfo: Diperlukan Langkah Antisipasi Tanggulangi Dampak Negatif AI
Gelar Forum “Kecerdasan Buatan vs Kekayaan Intelektual”, Kemenkominfo: Diperlukan Langkah Antisipasi Tanggulangi Dampak Negatif AI
Kemenkominfo
Perbedaan Pilihan Pemilu Hanya Sementara, Kemenkominfo Minta Masyarakat Perkuat Persatuan
Perbedaan Pilihan Pemilu Hanya Sementara, Kemenkominfo Minta Masyarakat Perkuat Persatuan
Kemenkominfo
Menkominfo Percepat Filling Satelit CAKRA-1 untuk Optimalkan Sumber Daya Maritim Nasional
Menkominfo Percepat Filling Satelit CAKRA-1 untuk Optimalkan Sumber Daya Maritim Nasional
Kemenkominfo
Di Spanyol, Menkominfo Ajak Diaspora Berkontribusi dalam Transformasi Digital di Indonesia
Di Spanyol, Menkominfo Ajak Diaspora Berkontribusi dalam Transformasi Digital di Indonesia
Kemenkominfo
Menkominfo Sebut MWC 2024 Berpeluang Jadi Showcase Ekosistem Telekomunikasi Nasional
Menkominfo Sebut MWC 2024 Berpeluang Jadi Showcase Ekosistem Telekomunikasi Nasional
Kemenkominfo
Kemenkominfo: Perbedaan Pendapat Hasil Pemilu Bawa ke Jalur Konstitusional, Jangan Ganggu Persaudaraan
Kemenkominfo: Perbedaan Pendapat Hasil Pemilu Bawa ke Jalur Konstitusional, Jangan Ganggu Persaudaraan
Kemenkominfo
Jokowi Resmi Terbitkan Perpres
Jokowi Resmi Terbitkan Perpres "Publisher Rights", Platform Digital Wajib Dukung Jurnalisme Berkualitas
Kemenkominfo
Jelang Pencoblosan, Kemenkominfo Imbau Masyarakat Waspadai Kampanye Hitam
Jelang Pencoblosan, Kemenkominfo Imbau Masyarakat Waspadai Kampanye Hitam
Kemenkominfo
Hadir di Pertemuan UNESCO, Nezar Patria Kenalkan 198 Startup AI Asal Indonesia
Hadir di Pertemuan UNESCO, Nezar Patria Kenalkan 198 Startup AI Asal Indonesia
Kemenkominfo
Dukung Pemilu Inklusif, Kemenkominfo Sediakan Sulih Bahasa Isyarat pada Debat Capres
Dukung Pemilu Inklusif, Kemenkominfo Sediakan Sulih Bahasa Isyarat pada Debat Capres
Kemenkominfo
Di Forum ASEAN, Sekjen Kemenkominfo Paparkan 5 Langkah Indonesia Hadapi Tantangan Digitalisasi
Di Forum ASEAN, Sekjen Kemenkominfo Paparkan 5 Langkah Indonesia Hadapi Tantangan Digitalisasi
Kemenkominfo
Wujudkan Pemilu Berintegritas, KPU Siapkan Alur Logistik Tepat Waktu dan Sasaran
Wujudkan Pemilu Berintegritas, KPU Siapkan Alur Logistik Tepat Waktu dan Sasaran
Kemenkominfo
Kemenkominfo Capai Target Pembangunan BTS 4G di Daerah 3T
Kemenkominfo Capai Target Pembangunan BTS 4G di Daerah 3T
Kemenkominfo
Bagikan artikel ini melalui
Oke