Sosialisasikan Covid-19 Lewat Game, Kemenparekraf Fasilitasi 7 Pengembang Game Lokal

Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Kompas.com - Selasa, 16 Juni 2020
Telekonference terkait Gelora 2020Dok. Humas Kemenparekraf Telekonference terkait Gelora 2020


KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) menetapkan tujuh pengembang game lokal untuk difasilitasi dalam kegiatan Game Lokal Kreasi Indonesia ( Gelora) 2020.

Terkait hal tersebut, Direktur Industri Kreatif Film Televisi dan Animasi, Kemenparekraf, Syaifullah mengatakan, pihaknya menggandeng insan kreatif dan beberapa perusahaan untuk melakukan kampanye pencegahan Covid-19 melalui game kreatif dalam kegiatan Gelora ini.

"Dalam kegiatan Gelora 2020, fasilitasi ini dilakukan untuk mewujudkan ide pengembangan game terkait sosialisasi pencegahan dan penanganan wabah Covid-19," katanya.

Menurut dia, tujuan utama dari Gelora 2020 adalah untuk mendorong kreasi anak bangsa dalam menciptakan game-game yang inovatif.

Baca juga: Kemenpar Panggil Pengusaha OYO dan Red Doors, Untuk Apa?

Lebih lanjut, ia mengatakan, dukungan terhadap gerakan ini kemudian berkembang begitu luas. Beberapa pengembang dan penerbit game Indonesia turut merespon langsung pesan dari Gelora 2020.

Penerbit dan pengembang game tersebut berharap, pesan Gelora 2020 bisa diterima lebih banyak orang melalui game yang sedang dikembangkan ataupun sudah dirilis.

Sebagai informasi, salah satu pengembang dan penerbit game Indonesia tersebut adalah Megaxus Infotech.

Penerbit game papan atas Indonesia ini mengungkapkan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan kampanye Gelora 2020 melalui sebuah game mobile yang tengah mereka kembangkan.

Baca juga: Kemenpar Sebut Red Doorz dan OYO Hanya Kos-kosan

Selain itu, Yayasan Teknologi untuk Indonesia juga menyatakan siap membantu untuk membawa pesan-pesan sosialisasi Gelora 2020 dalam game mobile mereka yang sudah rilis.

Game tersebut bertajuk Dawn of Civilization, Game for Charity  yang merupakan game edukasi gratis ciptaan Solve Education! Indonesia. Game ini bisa dimainkan tanpa memakai kuota internet.

Tak hanya itu, game ini juga mengajak anak belajar tentang bahaya Covid-19, cara menjaga diri dan lingkungan, serta menangkal hoaks.

Syaifullah mengatakan, program Gelora 2020 merupakan bagian dari stimulus pemerintah terhadap industri kreatif.

Baca juga: Selain Kemenpar, Ini Instansi yang Mengajukan Penundaan CPNS 2019

Dalam keterangan tertulisnya yang Kompas.com terima, Selasa (16/6/2020), ia berharap program ini dapat membantu meringankan beban pebisnis yang terpengaruh.

Di sisi lain, ia berharap, karya-karya yang dihasilkan dapat membantu pemerintah menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi pandemi ini.

"Bila diterima baik, diharapkan ke depannya program ini dapat berlanjut dan game mulai menjadi medium penyampaian pesan yang umum bagi masyarakat Indonesia,” kata dia.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Josua Simanjuntak, mengatakan, pada 2020 ini pihaknya fokus kepada mengkampanyekan berbagai kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19.

Baca juga: Lewat Sport Tourism, Kemenpar Promosikan Keindahan Alam Magelang

Menurut dia, kegiatan ini dilakukan dengan cara yang menghibur, namun penuh dengan unsur edukasi.

"Sehingga, ketika asik memainkan game tersebut, orang-orang tidak menyadari, secara tidak langsung mereka juga terpapar informasi-informasi kesehatan dan sosialisasi ini," katanya.

PenulisMaria Arimbi Haryas Prabawanti
EditorMikhael Gewati
Terkini Lainnya
Kampanyekan Protokol Kesehatan, Kemenparekraf Gaungkan Logo “Indonesia Care”
Kampanyekan Protokol Kesehatan, Kemenparekraf Gaungkan Logo “Indonesia Care”
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Kemenparekraf Terbitkan Buku Protokol Kesehatan Hotel dan Restoran, Ini Isinya
Kemenparekraf Terbitkan Buku Protokol Kesehatan Hotel dan Restoran, Ini Isinya
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Kunci Kebangkitan Pariwisata Indonesia Ada di Penerapan Protokol Kesehatan
Kunci Kebangkitan Pariwisata Indonesia Ada di Penerapan Protokol Kesehatan
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Bakal Dikenal di Level Dunia, Danau Toba Bisa Jadi Sumber Pendapatan Masyarakat
Bakal Dikenal di Level Dunia, Danau Toba Bisa Jadi Sumber Pendapatan Masyarakat
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Wishnutama Tinjau Protokol Kesehatan di Bioskop yang Akan Kembali Dibuka
Wishnutama Tinjau Protokol Kesehatan di Bioskop yang Akan Kembali Dibuka
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Tingkatkan Kepercayaan di Sektor Parekraf, Kemenparekraf Kampanyekan
Tingkatkan Kepercayaan di Sektor Parekraf, Kemenparekraf Kampanyekan "Indonesia Care"
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan jadi Kunci Kebangkitan Industri Hotel dan Restoran
Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan jadi Kunci Kebangkitan Industri Hotel dan Restoran
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Bangun Kepercayaan Wisatawan, Kemenparekraf Siapkan Handbook Penerapan Proktokol Kesehatan
Bangun Kepercayaan Wisatawan, Kemenparekraf Siapkan Handbook Penerapan Proktokol Kesehatan
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Menparekraf: Pemerintah Targetkan 2 Juta UMKM Bertransformasi dari Offline ke Online
Menparekraf: Pemerintah Targetkan 2 Juta UMKM Bertransformasi dari Offline ke Online
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
HUT RI ke-75 Akan Dirayakan Pemerintah Secara Sederhana, Begini Prosesinya
HUT RI ke-75 Akan Dirayakan Pemerintah Secara Sederhana, Begini Prosesinya
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Wishnutama Dorong Pelaku Parekraf Optimalkan Stimulus dan Relaksasi dari Pemerintah
Wishnutama Dorong Pelaku Parekraf Optimalkan Stimulus dan Relaksasi dari Pemerintah
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Pagu Anggaran Kemenparekraf 2020 Alami Penurunan
Pagu Anggaran Kemenparekraf 2020 Alami Penurunan
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Pulihkan Ekonomi Tanah Air, Kemenparekraf Fokus Garap Wisatawan Nusantara
Pulihkan Ekonomi Tanah Air, Kemenparekraf Fokus Garap Wisatawan Nusantara
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Di Forum UNWTO, Kemanparekraf Paparkan Mitigasi Covid-19 yang Indonesia Lakukan
Di Forum UNWTO, Kemanparekraf Paparkan Mitigasi Covid-19 yang Indonesia Lakukan
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Kemenparekraf Siap Optimalkan Industri Gaming yang Terus Tumbuh Selama Pandemi
Kemenparekraf Siap Optimalkan Industri Gaming yang Terus Tumbuh Selama Pandemi
Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif